Tingkat Stress

Tingkat stress adalah suatu tingkatan atau level seseorang yang mengalami stress. Tingkatan stress ini terdiri dari beberapa lapisan. mulai dari tingkatan adaptif, tingkatan pengontrolan hingga mal adaptif. semua tingkatan ini semuanya berpotensi akan dialami pada setiap orang hal ini tergantung seberapa besar kekuatannya menghadapi stress itu.

Dunia medis adalah lingkungan yang dalam kesehariannya dibebankan pada orang-orang yang sakit ataupun yang sehat. hampir setiap hari orang yang merasa terganggu kesehatannya pastinya akan diarahkan kepada tenaga medis bahkan yang sehat pun juga seperti itu. sampai-sampai waktu luangnya tenaga medis diporsikan hanya untuk pasiennya.

Dalam berkomunikasi dengan pasiennya, tenaga medis terkadang diliputi berbagai bentuk tingkat perasaan baik yang sifatnya labil maupun dalam keadaan emosi. hal ini, tentunya karena sifat dasar dari setiap individu itu heterogen dan berviariasi.

Satu hal tenaga medis yang membuat tingkat stressnya meningkat yakni ketika pesien yang ditemuinya terdeteksi sebagai awat darurat (emergency). Kedaruratan merupakan perkerjaan dengan tingkat stress tinggi. Mengapa demikian, karena tenaga medis dituntut secara fisik dan emosional dalam menangani pasiennya. Adapun tingkat stress yang mungkin dapat terjadi yakni peningkatan tekanan darah, depresi, cemas dan sakit kepala. 

Tingkat stress Yang Tinggi Akan memicu keadaan Darurat

Tingkat stress Yang Tinggi Akan memicu keadaan Darurat

Chapter 1. Penatalaksanaan Tingkat Stress

Penatalaksanaan stress oleh tenaga medis sangat penting dilakukan, karena akan berdampak pada kematian dan kecacatan pasien yang ditangani. Jika jhal ini dibiarkan akan menjadi bomerang baik pada tenaga medis maupun pada pasiennnya. agar hal tersebut tidak terjadi, Ada beberapi terapi yang dapat dilakukan untuk menstabilkan tingkat stress dan hasilnya positif dan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Dalam buku Panduan belajar keperawatan Emergency dituliskan bahwa untuk mecegah stress meningkat dalam unit gawat darurat sebaiknya lakukan hal-hal dibawah ini:

  1. Latihan Jasmani
    manfaat : Menurunkan Stress, menurunkan Tekanan darah, Peningkatan BB, menurunkan gejala depresi
  2. Meditasi
    Manfaat: Menurunkan konsumsi oksigen, meningkatkan pengeluarn CO2, Menurunkan frekuensi jantung
  3. Humor
    Manfaat: Meningktakan Sistem imun, meningktkan aktifasi limfosit T, menurunkan kadar kortisol
  4. Musik
    manfaat: Menurunkan stress, ansietas, dan meningkatkan relaksasi
  5. Imajinasi terbimbing
    manfaat: Menurunkan Stress, menurunkan Tekanan darah, menurunkan keletihan

Perlu dicatat bahwa terapi diatas dilaksanakan ketika pasien dalam keadaan seimbang (hemoestasis).

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.