Peran Perawat Sebagai Ners Milenium

Peran Perawat sebagai ners milenium adalah suatu bentuk revolusi terkini dan masa yang datang akan peranan seorang perawat dimata orang-orang awam dan profesional dimana perawat ini harus menunjukkan eksistensinya tidak hanya berputar pada hard skillnya akan tetapi harus diintegrasikan juga pada soft skillnya.

Perkembangan zaman dan teknologi serta kecenderungan perubahan dan persaingan yang semakin ketat pada Abad Milenium ini mau tidak mau menuntut pelayanan kesehatan di masa yang akan datang terus berupaya untuk memperbaiki kualitas dan berfokus pada “consumen minded” mengutamakan kebutuhan konsumen.

Perawat sebagai pelaksana pelayanan keperawatan sekaligus garda terdekat dan tersering berinteraksi dengan pasien di rumah sakit menjadi kunci sukses dan berhasilnya pelayanan kesehatan di rumah sakit. Pelayanan keperawatan yang ditampilkan oleh perawat dengan prima dan professional dapat menjadi daya tarik bagi konsumen untuk bisa bersemangat dan bersabar meraih kesembuhannya sekaligus menjadi daya tarik konsumen untuk memilih berobat pada rumah sakit yang terkenal dengan perawatnya yang professional dan berkualitas. Oleh sebab itu, keperawatan diharapkan untuk terus berbenah dan mengembangkan diri sehingga dapat mencetak perawat-perawat berkualitas dan profesional yang mampu mengantisipasi dan menjawab segala tantangan perubahan dan perkembangan zaman di masa yang akan datang serta memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks.

Peran Perawat Sebagai "Ners Milenium"

Peran Perawat Sebagai “Ners Milenium”

Implikasi pelayanan keperawatan di masa yang akan datang dapat dijawab dengan memahami dan mewujudkan karakteristik perawat “Ners Milenium” yang profesional sebab kunci utama keberhasilan pelayanan keperawatan terletak pada ‘kesadaran’ seorang perawat pada dirinya sebagai ‘perawat’.

Chapter 1. Karakteristik peran perawat sebagai ners Milenium yang profesional tertuang dalam rumusan “CARE”.

  1. C   : Career (Jenjang Karir)

Di masa yang akan datang, perawat sebagai Ners Milenium menduduki jabatan top manager sistem pelayanan kesehatan bukanlah sesuatu hal yang digugat. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan kesungguhan kerja perawat dan kerja sama semua pihak dari elemen keperawatan dalam memajukan profesi keperawatan.

  1. A   : Activity (Aktivitas)

Perawat sebagai Ners Milenium bertindak dan melakukan tugasnya secara professional. Perawat mampu memahami alasan mengapa dia melakukan suatu tindakan, baik dari segi keilmuwan, maupun dari segi moral dan etik keperawatan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kesalahan yang fatal (malpraktik)

  1. R   : Role Model (Percontohan)

Perawat sebagai Ners Milenium harus mampu memahami perannya sebagai objek percontohan baik ketika berhadapan dengan konsumen maupun ketika bersama dengan teman sejawat atau mitra kerjanya.

  1. E   : Enhancement (Peningkatan)

Kunci utama menghadapi perubahan zaman dalam peningkatan layanan keperawatan adalah pengembangan diri secara berkelanjutan seiring dengan perubahan zaman setiap saat. Perawat sebagai Ners Milenium dapat memberikan asuhan keperawatan secara otonomi dan percaya diri. Hal ini dapat diwujudkan dengan dasar pendidikan dan keahlian yang memadai yang dimiliki oleh seorang perawat. Untuk itu perawat diharapkan senantiasa menambah ilmu melalui pendidikan formal atau nonformal dan sampai pada spesialisasi tertentu. Pendidikan yang tinggi disertai keahlian yang memadai merupakan indicator jaminan kualitas layanan kepada konsumen.

Selain karakteristik di atas, ada satu ciri khas peran perawat di masa depan sebagai ners millennium yaitu mampu berkomunikasi secara lisan maupun tulisan secara lengkap, adekuat, akurat, dan cepat dalam berbagai bahasa minimal Bahasa Inggris dan atau Bahasa Arab. Namun, ada hal yang harus diperhatikan bagi perawat sebagai Ners Milenium. Ilmu keperawatan yang notabene banyak ditransfer dari luar negeri harus mampu diadaptasikan sesuai kondisi budaya, agama, dan nilai-nilai di Indonesia.

Demikianlah, bahwa menghadapi tren perkembangan keperawatan di masa depan, pengembangan peran perawat sebagai Ners Milenium, setiap perawat harus memiliki tiga unsur utama: visi (ilmu dan konsep), aktivitas yang nyata, dan motivasi yang tinggi untuk mencapai tujuan, dengan penanaman prinsip “Success is my right, not just only belong to other profession” dan penerapan sikap konsisten, komitmen, kolaboratif, kondusif, serta disiplin yang tinggi. Salam sukses untuk Ners Indonesia.

***********************

Rujukan :

Nursalam. 2011. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta : Salemba Medika

Nurmaidah AR

Nurmaidah AR