Penyebab Stress

Penyebab stress merupakan suatu  kumpulan tanda yang memunculkan suatu reaksi stress. penyebab stress pada prinsipnya tidak diketahui karena cara kerjanya berawal dari kejiwaan atau emosional. namun, hampir sebagian besar penyakit akut maupun kronik disebabkan oleh stress. sehingga stress termasuk salah satu daftar penyebab penyakit yang menghantarkan seseorang pada kematian. Namun, bukan berarti sebagai penyebab kematian lantas kehadiran stress menyebabkan seseorang bertambah stress. Seharusnya sikap yang perlu ditunjukkan oleh setiap orang adalah lebih memahami kenapa sampai stress itu muncul pada setiap individu. artinya, penyebab munculnya dari stress perlu diketahui oleh setiap orang.

Adanya pemahaman dan pengetahuan terhadap konsep stress dalam hal ini ruang lingkup penyebab stress menjadi dasar dan pedoman bagi setiap individu. Tujuannya agar segala kejadian buruk dari stress berupa cacat fisik dan kematian dapat ditolerir. Olehnya itu, kesadaran mencari tahu lebih jauh konsep stress perlu dirasakan oleh setiap orang.

macet merupakan salah satu faktor penyebab stress

macet merupakan salah satu faktor penyebab stress

Chapter 1. Penyebab Stress

Pada dasarnya penyebab stress berasal dari dalam tubuh itu sendiri. dimana kemampuan memproses segala bentuk benda asing yang diserang tubuh tidak dapat diimbangi secara optimal sehingga penyesuaian kemunculan stress tidak dapat diretas. para pakar sepakat bahwa stress yang muncul dalam internal tubuh itu disebut stress kepribadian atau yang biasa disebut dengan interpersonilty stress. yang mana stress tingkat seperti ini adalah sangat mencolok akan timbulnya stress. ini disebabkan karena cara pandang positif maupun negatif terhadap segala  masalah yang timbul pada dirinya sangat berpengaruh.

Selain faktor internal juga terdapat faktor eksternal penyebab munculnya stress, diantaranya adalah psikososial, bioekologi dan pekerjaan. Psikososial diidentikan dengan hubungan antara individu dengan lingkungan sekitar. misalnya adaptasi lingkungan baru, masalah keluarga atauapun masalah keharmonisan dengan pasangan hidup serta juga direlasikan dengan kejadian-kejadian aktual yang muncul dihadapan setiap orang seperti macetnya jalan raya.

Faktor Bioekologi merupakan kombinasi dari kepribadian dan psikososial. Yang mana faktor lingkungan dan kondisi tubuh berpengaruh terhadap munculnya stress. dan yang terakhir adalah faktor pekerjaan. pencetus stress ini cukup dibilang sangat mendominasi karena hampir separuh dalam kehidupan setiap orang berlangsung ditempat mereka bekerja. apalagi di era modernisasi ini keberlangsungan tekanan pekerjaan semakin menjadi-jadi, seperti persaingan jabatan, ancaman phk, persaingan bisnis dan target produk yang tinggi. olehnya itu, kemampuan setiap individu memahami faktor stress pekerjaan ini sangat perlu diketauhi tanpa menghilangkan ketiga faktor sebelumnya karena semuanya itu saling berkolerasi antara masing-masing faktor penyebab stress.

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.