Nilai Gizi Ikan

Dalam memenuhi tumbuh kembang tubuh manusia dibutuhkan sebuah formula yang unggul berupa gizi atau nutrisi. Dimana gizi ini memiliki fungsi yang sangat komplit, salah satunya adalah sebagai subtansi atau zat yang berguna dalam keseimbangan fisiologi manusia. Untuk menemukan gizi tersebut maka salah satu jalannya melalui makanan. Berbicara makanan, maka orang akan bingung memilih makanan mana yang layak dikonsumsi. Hal ini terkait semakin banyaknya makanan yang instan penyebab kematian. Agar seseorang dapat terhindar dari dampak buruk tersebut, maka diperlukan pemahaman dan pengetahuan akan nilai atau kandungan yang terdapat dalam setiap makanan.

Telah diketahui bersama bahwa makanan terbagi menjadi 2 macam, ada makanan yang bersumber dari tumbuhan dan juga bersumber dari Hewan. Masing-masing sumber makanan ini memiliki nilai gizi yang berbeda. Begitupun target sel yang dituju berbeda. Ada yang langsung ke sel otak, sel jantung, sel paru-paru, sel lambung, sel alat reproduksi dan sebagainya. Namun, sumber makanan yang paling berpengaruh dan bermanfaat adalah makanan yang bersumber dari hewan.

Jenis Sumber hewan yang dimaksud adalah ikan. Ikan sangat bermanfaat sekali bagi tubuh manusia karena Nilai gizinya sangat tinggi, terutama proteinnya.Protein merupakan bahan utama pembentuk sel manusia. dan hampir seluruh zat padat dalam tubuh dibentuk oleh protein, sekitar 3/4 atau 85% protein dan sisanya bersumber dari vitamin,lemak,karbohidrat dan mineral. Oleh karena itu ikan sangat penting bagi tubuh manusia.

Chapter 1. Nilai Gizi Ikan

Nilai gizi ikan sangat bervariasi kandungannya tergantung jenis ikan yang dikonsumsi. Seperti Ikan Gabus, memiliki kandungan Omega 3 sebagai perbaikan syaraf otak, ikan lele memiliki kandungan asam amino sebagai perbaikan sel yang rusak, ikan tuna memiliki selenium dan iodium tinggi yang masing-masing berfungsi untuk mencegah radikal bebas penyebab kanker dan untuk kecerdasan otak anak. Dan masih banyak jenis ikan lain yang memiliki nila gizi tinggi yang berguna untuk kesehatan tubuh.

ikan tuna sumber sebagai penghasil protein hewani yang berfungsi dalam mencerdaskan otak anak

ikan tuna sumber sebagai penghasil protein hewani yang berfungsi dalam mencerdaskan otak anak

Secara umum disebutkan bahwa nilai gizi ikan terdiri dari kandungan protein yang tinggi. Protein ini disebut juga dengan protein hewani. Protein hewani yang terkandung di dalamnya adalah asam amino esensial dan vitamin B12. Protein ini bermanfaat  dalam mengoptimalkan fungsi syaraf, membentuk sel-sel jaringan tubuh, memelihara pertumbuhan dan memperbaiki jaringan yang rusak, membuat air susu, enzim, dan hormon serta menjaga keseimbangan asam-basa cairan tubuh.

Olehnya itu, agar tubuh ini tumbuh dan berkembang dengan optimal, maka sebaiknya sejak balita pemenuhan akan protein hewani berupa ikan perlu diterapkan. Sehingga harapan generasi yang diinginkan menjadi cerdas dan pintar.

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.