Manfaat Vitamin B6

Manfaat Vitamin B6 merupakan dasar seseorang untuk menentukan pilihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6. Setiap produk makanan yang akan dikonsumis pasti seseorang mencari tahu terlebih dahulu manfaat atau fungsi dari makanann tersebut. Hal ini bertujuan agar makanan tersebut tidak memabahayakan pada tubuh, Seperti pada vitamin B6.

Vitamin B6 atau piridoksin adalah kelompok keluarga vitamin B kompleks yang larut dalam air. Pada dasarnya vitamin B6 merupakan sekolompok zat, subtansi, atau senyawa penting yang membantu kelancaran jalannya seluruh proses metabolisme dalam tubuh. Vitamin ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh walaupun terdapat sejumlah kecil vitamin yang dibentuk tubuh. Sehingga harus dihasilkan dari sumber makanan.

Chapter 1. Manfaat vitamin B6

Manfaat vitamin B6 adalah membantu metabolisme protein, pembentukan anti bodi, dan pembentukan saraf. Vitamin B6 juga dapat mengatur pemakaian protein, lemak dan karbohidrat serta membantu dalam pembaruan sel darah merah. Semua manfaat dari vitamin ini bisa didapatkan lewat makanan dan minuman. Jenis makanan yang menghasilkan vitamin B6 yaitu ikan, daging, susu, telur, hati, padi-padian, kacang merah, dan polong-polongan.

Makanan yang memiliki kandungan vitamin B6 ada banyak tersedia disekeliling anda, dan semuanya terjangkau dari segi financial. Akan tetapi perlu dibatasi karena pemakaian makanan yang mengandung vitamin B6 yang lebih juga akan menimbulkan gangguan pada syaraf, ginjal dan hati.

manfaat vitamin B6 dapat mencegah bibir pecah-pecah

manfaat vitamin B6 dapat mencegah bibir pecah-pecah

Begitupun sebaliknya jika terjadi kekurangan vitamin B6 akan berdampak pada kondisi tubuh menurun. Keluhan yang paling umum adalah  kulit rusak, pecah-pecah pada sudut bibir, lidah menjadi licin, sariawan, perut mual, kepala pening, kurang darah (anemia) dan mudah terserang penyakit infeksi. Dengan demikian, kandungan vitamin B6 yang terserap dalam tubuh harus diwaspadai karena berdampak pada kestabilan tubuh. Agar tidak terjadi hal seperti, pemahaman setiap orang tentang pola hidup sehat dan gizi seimbang harus ditingkatkan.

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.