Manfaat Vitamin B12

Vitamin adalah senyawa Organik yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit untuk mengatur fungsi-fungsi tubuh spesifik, seperti pertumbuhan normal dan memelihara kesehatan reproduksi. Vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh sehingga harus diperoleh dari bahan makanan.

Vitamin digolongkan menjadi 2 kelompok, yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air. Vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan C.  Sedangkan vitamin yang larut dalam lemak adalah A,D,E,dan K. Vitamin yang larut dalam air disebut dengan vitamin B kompleks. Ada 5 vitamin B kompleks yaitu Vitamin B1, B2, B3, B6 dan B12. Secara umum vitamin B kompleks ini berperan dalam pembentukan energi yang diperlukan tubuh dan sekaligus sebagai pembentuk sel-sel otak.

Dari kelima vitamin B kompleks yang paling berpengaruh adalah vitamin B12. Vitamin B12 disebut juga Cianokobalamin. Vitamin B12 merupakan kumpulan senyawa yang berpengaruh pada sintesis dan regulasi DNA serta produksi energi. Jadi kerberadaan vitamin B12 sangant berpengaruh pada pencegahan  penyakit anemia.

Chapter 1. Manfaat Vitamin B12

Manfaat Vitamin B12 yaitu untuk mengatur sistem syaraf, membantu pembentukan sel darah merah, membantu dalam sintesis DNA yang mengontrol pembentukan sel-sel baru, mencegah anemia dan kerusakan sistem syaraf, serta meningkatkan nasfu makan. Vitamin B12 juga dapat menjaga kesehatan jantung, kekebalan tubuh dari penyakit, berperan dalam proses metabolisme protein, serta memicu produksi hormon untuk kesehatan kulit dan rambut.

Memperbaiki Sel Darah Merah Yang Rusak merupakan salah satu Manfaat Vitamin B12

Memperbaiki Sel Darah Merah Yang Rusak merupakan salah satu Manfaat Vitamin B12

Kelebihan vitamin B12 jarang terjadi pada tubuh, tapi yang sering terhadi adalah kekurangan vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 dapat mengganggu kerja sistem saraf, menurunkan daya ingat, mudah berkhayal, bingung, murung, lelah, dan hilang keseimbangan. Kekurangan Vitamin B12 juga mengakibatkan kepekaan menurun, mati rasa, gangguan pada pendengaran, diare, serta timbul gejala anemia seperti lelah dan nafsu makan menghilang.

sumber vitamin B12 yaitu daging, beserta produk olahannya, hati, ginjal, kepiting, ikan salmon, ikan tuna, unggas, telur, susu, dan produk olahannya susu kedelai, serta produk fermentasi kedelai. serta buah-buahan seperti buah pisang.

1) Kata Kunci Lainnya:

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.