Manfaat Vitamin B1

Vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur fisiologi tubuh manusia. Vitamin merupakan salah satu 5 kelompok gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Di dalam tubuh vitamin berperan sebagai zat pengatur keseimbangan proses dalam tubuh.

Vitamin terbagi  menjadi 2 kelompok yaitu vitamin yang larut dalam air dan larut dalam lemak atu disebut. Vitamin B 1 adalah vitamin yang berasal dari kelompok vitamin yang larut dalam air. Vitamin B1 juga merupakan keluarga dari vitamin B kompleks.

Vitamin B1 atau tiamin merupakan kelompok gizi yang sangat penting bagi proses matabolisme energi terutama karbohidrat. didalam tubuh manusia kebutuhan akan energi sangat dibutuhkan terutama untuk olahragawan atau pekerja dengan aktivitas yang tinggi. Sehingga kehadiran akan vitamin B1 dalam tubuh manusia dapat mempercepat pergantian kalori yang hilang dalam tubuh ketika beraktivitas.

Untuk memperoleh Vitamin B1 ini bisa berasal dari makanan ataupun dalam bentuk obat. Tapi sebaiknya vitamin ini didapatkan dari makanan apakah itu dari berasal dari daging hewan ataukah tumbuhan. Untuk obat tidak terlalu disarankan walaupun telah diracik sedemikian rupa hingga terbentuk menjadi vitamin B1. Makanan yang mengandung B1 adalah daging, padi-padian, hati, ginjal, telur, tempe, susu, serta makanan laut atau biasa disebut seafood (kerang,ikan dan kepiting).

Chapter 1. Adapun manfaat Vitamin B1 bagi tubuh adalah:

  1. Meningkatkan nafsu makan
  2. Menjaga kesehatan tubuh dari penyakit beri-beri

    Manfaat Vitamin B1: dapat menjaga tubuh dari serangan bibit penyakit

    Manfaat Vitamin B1: dapat menjaga tubuh dari serangan bibit penyakit

  3. Memproduksi karbohidrat sebagai penghasil energi
  4. Menstabilkan kerja sistem syaraf dan otot serta,
  5. Membantu fungsi jantung agar bekerja secara optimal
Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.