Makanan Yang Mengandung Vitamin B

Makanan yang mengandung vitamin B adalah seluruh jenis makanan yang mengandung vitamin B-kompleks yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan B12. semua makanan yang mengandung vitamin B dapat ditemukan pada flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) yang hidup liar disekitar kita. Namun bukan berarti semua jenis tumbuhan dan hewan yang berada dilingkungan kita dipastikan mengandung vitamin B-kompleks. olehnya itu, sebelum salah kaprah tentang makanan tersebut maka perlu dicari beberapa referensi untuk menemukan makanan tersebut. Karena tidak semua makanan mengandung seluruh vitamin B-kompleks. Artinya dari seluruh makanan biasanya cuman sebagian saja jenis makanan yang mengandung vitamin B-kompleks. Selebihnya masing-masing memisahkan diri dari vitamin B-kompleks tersebut. Seperti penjelasan dibawah ini, jenis makanan yang sebutkan hanya mengandung vitamin B1 saja. Untuk vitamin B selebihnya berada pada makanan lainnya yang juga hampir sama dengan jenis makanan tersebut.

Penjelasan dibawah ini hanya terkait dengan salah satu vitamin B-kompleks yaitu vitamin B1. Dimana akan dipaparkan mengenai jenis makanan yang mengandung vitamin B1. Tapi, sebelum mengenal jauh tentang jenis makanannya alangkah baiknya juga mengetahui dasar dari vitamin B1 itu sendiri.

Vitamin B1 atau tiamin merupakan kelompok gizi yang sangat penting bagi proses matabolisme energi terutama karbohidrat dan lemak. Didalam tubuh manusia kebutuhan akan energi sangat dibutuhkan terutama untuk olahragawan atau pekerja dengan aktivitas yang tinggi. Sehingga kehadiran akan vitamin B1 dalam tubuh manusia dapat mempercepat pergantian kalori yang hilang dalam tubuh ketika beraktivitas.

Dalam proses metabolisme dalam tubuh manusia dibutuhkan beberapa nutrisi untuk membantu kelangsungan fisiologi normal tersebut. Nutrisi dan Gizi dapat ditemukan melalui makanan dan minuman, tapi perlu dicatat bahwa tidak semua makanan yang disediakan itu bermanfaat bagi tubuh manusia. Kalaupun itu bermanfaat bagi tubuh manusia tidak serta merta langsung dikonsumsi. Perlu diperhatikan objek yang mengonsumsinya. Objek yang dimaksud disini adalah tingkatan usia apakah bayi, balita, anak, remaja, dewasa, dan lansia. Karena proses pengenalan yang dimiliki oleh tubuh tidak selamanya berespon baik terhadap nutrisi yang masuk kedalam tubuh.

Begitupun dengan vitamin B1 yang terkandung dalam beberapa makanan dan minuman. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan mempengaruhi kinerja organ dalam tubuh terutam ginjal dan hati. Dijelaskan diatas bahwa dalam mengkonsumsi makanan dan minuman harus menggunakan pendekatan tingkatan usia, berarti dalam pemanfaatan nutrisi tersebut perlu diperhatikan standar yang ada. Karena target utama dalam mengosumsi nutrisi berupa vitamin B1 yaitu menstabilkan kinerja otak agar berfungsi secara optimal. Adapun standar yang dimaksud adalah 1,4 mg vitamin B1 untuk usia dewasa wanita menyusui, 1,2 mg vitamin B1 untuk dewasa wanita hamil dan 1,1 mg untuk dewasa pria.

Kelebihan vitamin B1 dalam tubuh akan menyebabkan gagal ginjal, tapi kejadian ini jarang terjadi. Yang sering adalah kekurangan vitamin B1. Penyakit yang dimaksud jika seseorang kekurangan vitamin B1 atau kekurangan Gizi adalah Penyakit beri-beri dan penurunan daya tahan tubuh sehingga mudah terkena infeksi. Penyakit akibat kekurangan B1 ini jangan dianggap remeh karena akan menyebabkan kematian. misalnya pada penyakit beri-beri, seseorang akan mengalami kondisi lumpuh dan tak dapat beraktivitas, selain itu juga timbul pembengkakan  pada hampir seluruh organ penggerak yaitu kaki. Dan kejadian yang sangat membahayakan pada ibu hamil, ketika  terjadi kekurangan Vitamin B1 akan berdampak pada bayi yang dilahirkannya karena akan mengalami kejadian sama seperti ibu nya yaitu kekurangan vitamin B1 dengan keluhan seperti diatas dan sangat beresiko pada kematian.

Kekhawatiran akan defesiensi vitamin B1 ini perlu diretas, mengingat makanan yang berada disekeliling anda sangat banyak disediakan. dan makanan itu sangat mudah didapatkan. Jadi, anda yang merasa cemas akan dampak diatas, segeralah terapkan konsumsi Makanan yang mengandung vitamin B1, adapun jenis makanan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Chapter 1. Makanan yang mengandung vitamin B Kompleks yaitu vitamin B1:

  • Beras
    Makanan pokok rakyat indonesia ini tak boleh dianggap remeh, selain berfungsi menghasilkan karbohidrat  juga ternyata penghasil vitamin B1. Bagian beras yang menghasilkan vitamin B1 adalah kulit ari beras. Menurut penelitian, beras yang di pabrik dan masih tersisa kulit ari disekeliling beras itu mengandung tiamina atau disebut dengan vitamin B1, bahkan beras yang ditumbuk secara tradisional itu memiliki tiamina yang tinggi dan cocok bagi wanita hamil atau wanita menyusui. Jadi, anda yang merasa masih takut akan kekurangan B1 segeralah merubah kebiasaan anda untuk tidak membuang semua sisa kulit ari ketika memasak beras, karena tanpa disadari anda akan menghasilkan vitamin B1 dari nasi yang anda konsumsi.
Beras adalah makanan vitamin B1 yang masuk dalam golongan makanan yang mengandung vitamin B

Beras adalah makanan vitamin B1 yang masuk dalam golongan makanan yang mengandung vitamin B

  • Telur
    Siapa sangka telur yang merupakan bahan dasar dari generasi golongan unggas yaitu ayam mampu mencegah seseorang terhadap penyakit beri-beri. Makanan yang menjadi idaman masyarakat indonesia, itu dijadikannya telur dadar untuk dikonsumsi agar tecipta cita rasa yang khas. Ternyata memiliki kandungan vitamin B1 yang seimbang yakni mengandung 0,03 mcg selama satu telur dadar yang dimasak.

    Telur adalah salah satu makanan yang mengandung Vitamin B1

    Telur adalah salah satu makanan yang mengandung Vitamin B1

  • Kacang-kacangan
    Tumbuhan yang satu ini hampir tiap musim diproduksi di indonesia dan sebaran pertumbuhan yang merata membuat masyarakat indonesia tercukupi dalam pemenuhan sayur mayur dirumah. Kacang-kacangan yang dihasilkan ada banyak jenisnya bisa berupa Kacang Hijau, Kacang Polong, kacang tanah, kacang kenari, dan kacang kering. Perlu diketahui bahwa cara memasak yang berlebihan pada kacang akan mengurangi kandungan vitamin B1 sekitar 30%. Namun jangan khawatir kacang anda akan makan ketika mengemil di tempat hiburan atau lagi berekreasi berupa kacang kering dapat membantu tubuh anda memenuhi kandungan vitamin B1 nya.

    Kacang  adalah jenis makanan yang mengandung Vit. B1

    Kacang adalah jenis makanan yang mengandung Vit. B1

  • Jeruk
    Setiap anda mengonsumsi makanan saus yang berlemak tidak nikmat dan pas jika tidak disertai dengan jeruk nipis. Selain sebagai sistem Buffering atau penetralisir dan penyeimbang makanan juga bermaanfaat sebagai pengharum makanan sehingga membuat seseorang menikmati dan melahap makan yang disantapnya. Namun, tahukah anda jeruk pamungkas susah makan ini ternyata menyediakan kandungan nutrisi yang lengkap. Selain vitamin C dan Mineral juga mengandung vitamin B1. Dalam 100 gram  jeruk nipis mengandung 0,04 mcg vitamin B1.  Jadi anda yang telah mengkonsumsi 8 potong jeruk nipis sehari sudah memenuhi kandungan vitamin B1 dalam tubuh anda.

Demikianlah keempat makanan yang mengandung Vitamin B1, yang mana makanan ini sangat terjangkau untuk dikonsumsi. Dan hampir dalam keseharian tempat anda tersedia makananan ini. Jadi jangan khawatir dengan penyakit defesiensi vitamin B1.

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.