Makanan Vitamin B6

Makanan vitamin B6 merupakan jenis makanan yang mengandung salah satu kelompok vitamin B-kompleks yaitu B6. Vitamin B6 ini sangat mudah ditemukan diberbagai jenis makanan. Baik yang berasal dari tumbuhan maupun dari hewan. Pada tulisan ini yang akan dijelaskan sumber makanan penghasil vitamin B6 yang berasal dari tumbuhan dan hewan Seperti ikan, bayam dan tomat.

Vitamin B6 atau piridoksin adalah kelompok keluarga vitamin B kompleks yang larut dalam air. Pada dasarnya vitamin B6 merupakan sekolompok zat, subtansi, atau senyawa penting yang membantu kelancaran jalannya seluruh proses metabolisme dalam tubuh. Vitamin ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh walaupun terdapat sejumlah kecil vitamin yang dibentuk tubuh. Sehingga harus dihasilkan dari sumber makanan.

Manfaat vitamin B6 adalah membantu metabolisme protein, pembentukan anti bodi, dan pembentukan saraf. Vitamin B6 juga dapat mengatur pemakaian protein, lemak dan karbohidrat serta membantu dalam pembaruan sel darah merah. Semua manfaat dari vitamin ini bisa didapatkan lewat makanan dan minuman.

Chapter 1. Berikut 3 Jenis makanan vitamin B6 :

  1. Ikan
    Ikan adalah jenis sumber makanan yang hampir setiap hari dikonsumsi oleh masyarakat indonesia terlebih yang tinggal dipinggiran pantai atau laut. Masyarakat indonesia harus bangga karena memiliki wilayah yang dikelilingi dengan perairan maka sudah tentu jenis olahan laut juga banyak tersedia. hal ini akan selaras dengan jumlah gizi yang diserap pasti terjangkau. Begitupun dengan nutrisi vitamin B6 akan mudah didapatkan dari para hasil biota laut. Jenis biota laut yang dapat dikonsumsi agar bisa mendapatkan kandungan vitamin B6 adalah ikan salmon, ikan tuna dan ikan cod. Dalam kadar 100 gram ikan salmon bisa didapatkan 0,94 mcg vitamin B6, untuk kadar 100 gram ikan cod dapat dihasilkan 0,462 mcg vitamin B6, dan untuk kadar 40 gram ikan tuna dapat dihasilkan 1,16 mcg vitamin B6.
  2. Bayam 
    Bayam adalah jenis makanan sayuran yang tak pernah habis disiapkan oleh masyarakat indonesia. Dengan waktu pertumbuhan dan tempat penanaman yang tidak ditentukan bayam ini akan mudah didapatkan. Sehingga asupan nutrisi dalam bayam tersebut mudah serap. Adapun  kandungan nutrisi yang dihasilkannya yaitu vitamin B6. Dalam satu mangkok bayam kandungan vitamin B6 yang dapat dihasilkan yaitu 0,44 mcg. Manfaat yang dapat dihasilkan yaitu menurunkan tekanan darah, mampu mencegah anemia, mampu melawan sel kanker, dan mengurangi resiko kardiovaskuler. Bagi penderita asam urat tinggi, mengkonsumsi bayam perlu diwaspadai karena dapat memperberat penyakit asam urat.

    Bayam merupakan salah satu makanan vitamin B6

    Bayam merupakan salah satu makanan vitamin B6

  3. Tomat
    Tomat adalah jenis buah-buahan yang setiap kali makan pasti tersedia, karena hampir jenis sambel yang dikonsumsi bercampur dengan tomat. dan tanpa sambel, makanan yang dilahap tidak dinikmati sehingga sambel merupakan makanan pendamping bagi makanan pokok yang dikonsumsi. Dalam mengonsumsi buah tomat, maka tubuh akan menyerap nutrisi vitamin berupa vitamin B6. Dalam 1 mangkok kecil tomat yang dikonsumsi Vitamin B6 yang akan diserap adalag 0,14 mcg. dan dengan mengkonsumsi buah tomat ini maka tubuh ini dapat mencegah penyakit kanker seperti kanker prostat dan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Demikianlah 3 jenis makanan yang mengandung vitamin B6, anda sangat mudah peroleh dibeberapa tempat penjualan seperti pasar tradisional, warung kecil, supermarket atau minimarket. dan semuanya ini terbilang terjangkau untuk semua kalangan. Sehingga anda jangan khawatir dengan akibat penyakit kekurangan vitamin B6, yang perlu khawatirkan jika terlalu kelebihan mengonsumsinya.

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.