Makanan Vitamin B12

Makanan Vitamin B12 adalah jenis makanan yang struktur senyawanya mengandung vitamin B12. Vitamin B12 atau biasa disebut dengan Cianocobalamin. Disebut kobalamin karena vitamin ini mengandung kobal. dan merupakan vitamin yang terbentuk atas bantuan mikroba.

Vitamin B12 ini merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang larut dalam air. Adapun manfaat Vitamin B12 adalah mengatur sistem syaraf, membantu pembentukan sel darah merah, membantu dalam sintesis DNA yang mengontrol pembentukan sel-sel baru, mencegah anemia dan kerusakan sistem syaraf, serta meningkatkan nasfu makanan.

Indonesia adalah negara yang beriklim tropis karena berada pada garis khatulistiwa atau garis khayal keliling bumi. Iklim tropis yang dimiliki ini menghasilkan 2 musim yaitu musim kemarau dan hujan. Dengan kedua musim ini maka indonesia memiliki tanah yang sangat subur dan menghasilkan berbagai jenis tanaman atau tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu pula dengan berjejeran pulau-pulau dari sabang sampai merauke, mejadikan indonesia negara perairan yang cukup luas. Dengan 2 alam yang berbeda ini antara darat dan laut, pasti masing-masing alam tersebut dihuni oleh beberapa makhluk hidup. yang mana antara makhluk yang satu dengan yang lainnya memiliki manfaat yang berbeda. Dengan keberagaman hasil darat dan laut ini, indonesia sangat kaya akan sumber vitamin dan pastinya sangat berfungsi gizi bagi kesehatan tubuh rakyatnya. Jadi jangan khawatir bagi orang tua yang memiliki anak namun nafsu makannya berkurang karena makanan penghasil vitamin B12 itu banyak disekeliling anda.

Chapter 1. Berikut jenis makanan vitamin B12 yang dimaksud:

  1. Kepiting
    Kepiting adalah jenis hewan krutasea yang hidup di air, baik di air tawar maupun air asin. Kepiting ini memiliki 10 kaki dan1 ekor yang pendek. Dari kakinya ini terdapat penjepit yang berfungsi menangkap mangsa atau untuk menaklukkan benda asing dari serangan berbahaya. Olehnya itu, sangat dianjurkan bagi anda yang suka dengan kepiting lalu berniat menangkapnya maka hal utama yang perlu dipersiapkan adalah menyiapkan kos tangan sebagai pelindung dari jepitan sang kepiting. Dilihat nampaknya memang cukup ekstrim tapi siapa sangka kekejamannnya setiap kali menundukkan lawannya ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak, terutama untuk kesehatan tubuh.
    Dengan vitamin B12 yang terkandung dalam dagingnya, sangat bermanfaat untuk menghasilkan energi dan pertumbuhan, memproduksi sel darah merah, meningkatkan metabolisme asam amino dan asam lemak serta meningkatkan kesehatan kulit dan syaraf. Jadi bagi anda yang mengeluh lelah, lesu dan kurang nafsu makan maka disrankan mengonsumsi kepiting. Namun, untuk usia lanjut sebelum konsumsi kepiting sebaiknya periksa dulu asam uratnya karena selain berguna untuk produksi sel darah merah juga meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.
  2. Ikan Salmon
    Ikan salmon adalah ikan yang hidup di laut, namun pada perkembangannya sebelum mencapai kematangan reproduksi, ikan ini hidup di air tawar. Ikan yang memiliki daging warna keorange-orangesan ini memiliki cita rasa yang tinggi. Struktur daging derta aroma dagingnya lezat membuat sebahagian kalangan tercinta dengan ikan salmon. Hal ini nampak pada orang tua yang memiliki anak, pasti akan menyiapkan dalam dapurnya ikan salmon ini. Selain berguna untuk pertumbuhan otak karena Omega 3 nya juga berguna memperbaiki struktur anatomi  jantung dan pembuluh darah anak dengan vitamin B12 nya.

    salah satu makanan vitamin b12 yaitu ikan salmon

    salah satu makanan vitamin b12 yaitu ikan salmon

  3. Daging Hati Sapi
    Daging hati sapi bisa ditemui lewat makan tradisional indonesia. Seperti Coto makassar dan makanan rendang padang. Terlebih lagi pada hari raya idul adha, pasti yang namanya daging dan isinya sapi akan sangat banyak persediannya, mengingat pada hari itu memang musimnya makan daging sapi. Melihat tradisi itu, sebenarnya pemotongan yang disunnahkan oleh nabi yaitu bir-biri atau domba, namun di indonesia hewan domba kurang familiar jadi diganti dengan sapi. Tentunya pergantian sapi ini memiliki makna filosopi yang  dalam, selain karena hewan ini banyak tersedia di indonesia juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Adapun nilai gizi yang terkadung didalamnya adalah Vitamin B12. Vitamin B12 ini ternyata berguna untuk peningkatan vitalitas reproduksi dan perbaikan sel-sel darah.
  4. Buah Pisang
    Vitamin B12 yang terkandung dalam pisang berperan dalam proses metabolisme protein, serta memicu produksi hormon untuk kesehatan kulit dan rambut.
Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.