Kandungan Gizi Pisang

Kandungan Gizi Pisang adalah nilai gizi yang terdapat dalam setiap komposisi buah pisang. Pisang adalah tanaman yang memiliki daun yang besar, buanberwarna hijau bila masih muda dan berwarna kuning bila sudah matang. Nama pisang atau dalam bahasa yunani disebut musa paradisiaca adalah tanaman yang cukup familiar dikalangan warga indonesia. Selain tumbuh subur di indonesia juga tumbuh di thailand, filiphina, malaysia, brazil, panama, mexico dan negara yang beriklim tropis.

Pisang adalah tanaman yang memiliki satu batang dan tumbuh dengan cara bertunas. Dikalangan warga indonesia buah pisang sangat digemari. Selain sebagai makanan penutup juga dijadikan hidangan dalam acara-acara kemasyarakatan. Bahkan ada beberapa desa di indonesia, menjadikan  buah pisang sebagai pengganti gula ketika minum segelas kopi. Tradisi seperti ini yang ditularkan kepada kepada cucunya ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ternyata setelah diteliti, dalam buah pisang terdapat kandungan gizi yang tinggi seperti gula, air, protein dan vitamin. Selain itu pula kadar serat yang cukup juga terkandung dalam buah pisang.

Chapter 1. Kandungan Gizi Pisang

Kandungan Gizi pisang terdiri dari gula 25%, serat selulosa 1%, protein 1%, air 60%, dan mineral dalam bentuk zat besi sebanyak 100%. Kandungan gizi pisang ini merupakan energi instan yang selalu tersedia dalam setiap waktu. Pisang dalam metabolismenya menyimpan gula dalam tubuh yang efeknya cukup lama bertahan ketika berolahraga dibanding dengan nasi atau air. Sehingga buah pisang ini sangat cocok diterapkan bagi yang sering berolahraga atau merupakan gizi para olahragawan.

Vitamin yang terkandung dalam pisang terdiri dari Vitamin B1, B2, B6 dan B12.  Vitamin ini merupakan vitamin yang larut dalam air, yang berfungsi untuk melangsungkan pertumbuhan normal dan memelihara kesehatan. Dimana nilai manfaatnya ini cocok digunakan sebagai nutrisi bagi balita. Tampaknya Nilai gizi buah pisang berupa vitamin mempunyai beragam fungsi yang berbeda. Dari vitamin B1, B2, B6 dan B12 target organ yang dijalankan dalam tubuh berbeda. Berikut ini peranan vitamin B1, B2, B6 dan B12 dalam tubuh:

  1. Vitamin B1 (tiamin)
    Vitamin B1berfungsi meningkatkan nafsu makan, menjaga kesehatan, memproduksi energi, serta berperan dalam sistem saraf otot. 
  2. Vitamin B2 (riboflavin)
    vitamin B2 berfungsi untuk memperbaiki kulit, mata, dan membantu memproduksi energi.
  3. Vitamin B6 (piridoksin)
    Vitamin B6 berfungsi untuk membantu metabolisme protein, pembentukan anti bodi, dan pembentukan syaraf. vitamin B6 juga dapat mengatur pemakaian protein, lemak, dan karbohidrat, serta membantu dalam pembaruan sel darh merah.
  4. Vitamin B12 (Cianokobalamin)
    Vitamin B12 berfungsi untuk mengatur sistem syaraf, mebantu pembentukan sel darah merah, membantu dalam sintesis DNA yang mengontrol pembentukan sel-sel baru, mencegah anemia dan kerusakan sistem syaraf, serta meningkatkan nasfu makan. Vitamin B12 juga dapat menjaga kesehatan jantung, kekebalan tubuh dari penyakit, berperan dalam proses metabolisme protein, serta memicu produksi hormon untuk kesehatan kulit dan rambut.

    Salah satu kandungan gizi pisang yaitu vitamin B12

    Salah satu kandungan gizi pisang yaitu vitamin B12

Demikianlah berbagai fungsi dari vitamin B1, B2, B6 dan B12 diatas. Semoga dengan kehadiran kandungan vitamin B tersebut dalam buah pisang memberikan pencerahan tentang pentingnya konsumsi buah pisang. Hingga dapat diterapkan dalam kehidupan pribadi masing-masing sekurang-kurangnya 1 kali dalam sepekan.

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.