Kandungan Gizi Makanan

Kandungan Gizi Makanan adalah zat-zat yang memenuhi seluruh struktur makanan. Zat-zat yang dimaksud adalah karbohidrat, protein, lemak, Vitamin dan mineral. dan biasa disebut dengan dengan 5 kelompok zat gizi. Tentu masih ingat istilah 4 sehat 5 sempurna. sejak taman kanak-kanan istilah ini sudah diperkenalkan. empat sehat lima sempurna artinya dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari sebaiknya mengandung 5 kelompok gizi tersebut.

Seacar umum, ada tiga fungsi makanan bagi tubuh atau biasa disebut dengan triguna makanan yaitu sumber tenaga, sumber pengatur dan sumber zat pembangun. 5 kelompok zat gizi yang disebutkan diatas masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk karbohidrat, lemak dan protein sebagai sumber pengatur, untuk protein dan air sebagai sumber pembangun dan untuk vitamin dan mineral sebagai sumber pengatur.

Kandungan Gizi Makanan

Kandungan Gizi Makanan

Chapter 1. Kandungan Gizi Seimbang

Dalam keseharian seseorang pasti melakukan yang namanya aktivitas, tanpa aktivitas seseorang bisa disebut sebagai orang yang sedang mati suri. Dalam aktivitas tersebut seseorang pastinya membutuhkan yang namanya energi. Sebagai bahan dasar untuk bergerak. Agar tubuh ini menghasilkan energi maka seseorang harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein.  Adapun jenis makanan yang mengandung karbohidrat adalah sereal, Umbi dan hasil olahannya, padi, jagung dan gandum. untuk jenis makanan yang mengandung Lemak adalah mentega, susu, keju, dan kuning telur. sedangkan untuk jenis makanan yang mengandung protein adalah Kacang-kacangan, daging, Ikan segar, bayam, kangkung, keju, udang dan daun singkong. Jenis makanan ini hampir semuanya tersedia disekeliling kita.

Sering dengan aktivitas setiap harinya, seseorang akan dihadapkan dengan bahan-bahan yang berbahaya dalam tubuh seperti polusi dan Kuman penyebab penyakit. jika bahan ini terus beredar disekililing seseorang dan tidak memiliki pelindung maka bahan tersebut dapat menjadi racun dan menyebabkan kamatian. Olehnya itu, agar tidak terpapar dengan bahan tersebut maka diperlukan sumber pengatur untuk melindungi dan memusnahkan zat toksin tersebut dari dalam tubuh. Adapun zat pengatur yang dimaksud adalah vitamin dan mineral. dan jenis makanannya adalah Buah-buahan, Sayur-sayuran, daging, susu, hati dan telur.

Selain itu, tubuh manusia juga membutuhkan sumber pembangun untuk membangun sel tubuh dan menjaga keseimbangan asam-basah cairan tubuh serta mempertahankan keseimbangan volume darah. Fungsi ini telah diatur dalam tubuh agar berjalan sesuai dengan kodratnya. Adapun zat yang berfungsi sebagai  sumber pengatur adalah protein dan air.

1) Kata Kunci Lainnya:

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.