Informasi Gizi

Informasi gizi yang menarik untuk dikaji adalah dampak negatif dari gizi terhadap kesehatan tubuh. Kenapa judul ini sangat urgen dibahas karena sampai saat ini seluruh elemen formal maupun nonformal masih dihinggapi berbagai hambatan dalam menuntas habis masalah tersebut. Bahkan telah banyak studi dan penelitian yang dibuat namun juga tak mencapai target maksimal. Barangkali masalah ini perlu didudukkan bersama agar betul-betul tuntas sampai habis.

Informasi gizi yang kurang akan berdampak pada penyakit marasmus-kwasioskor anak

Informasi gizi yang kurang akan berdampak pada penyakit marasmus-kwasioskor anak

Keadaan gizi dapat dipengaruhi oleh keadaan fisiologis, ekonomi, sosial, politik, dan budaya. Pada saat ini, selain dampak dari krisis ekonomi yang masih terasa, juga keadaan dampak dari bencana nasional mempengaruhi status kesehatan pda umumnya dan status gizi pada khususnya. Konsumsi makanan berpengaruh terhadap status gizi seseorang. menurut pakar gizi Almatsier Status gizi optimal terjadi apabila tubuh memperoleh cukup zat-zat yang digunakan secara efisien. Kehadiran zat-zat gizi ini nertujuan untuk pertumbuhan fisik, perkembangan otak, dan kemampuan kerja yang meningkat. Status gizi kurang terjadi apabila tubuh mengalami kekurangan satu atau lebih zat-zat gizi esensial. Sementara status gizi lebih terjadi apabila tubuh memperoleh zat-zat gizi dalam jumlah berlebihan, sehingga menimbulkan efek toksik dan membahayakan. Status gizi kurang maupun status gizi lebih akan mengakibatkan gangguan kesehatan.

Chapter 1. Berikut Infomasi gizi yang perlu diketahui semua orang dari dampak negatif gizi terhadap kesehatan tubuh.

  1. Pengaruh gizi kurang pada kesehatan tubuh
    Tujuan penyediaan gizi terhadap kesehatan tubuh adalah untuk pertumbuhan, perkembangan dan pemeliharaan serta aktivitas. Kurang gizi dapat terjadi karena akibat dari ketidak seimbangan asupan zat-zat gizi, faktor penyakit pencernaan, absorbsi, dan penyakit infeksi. Adapun masalah yang akan timbul dari pengaruh kurang gizi adalah BBLR (berat badan lahir rendah), gangguan pertumbuhan dan kurang energi kronis.
  2. Pengaruh Gizi lebih pada kesehatan tubuh
    Beda lagi jika terjadi kelebihan gizi. penyakit yang akan muncul adalah obesitas. Obesitas sering didefinisikan sebagai kondisi abnormal atau kelebihan lemak yang serius dalam jaringan adiposa sedemikian sehingga mengganggu kesehatan. Obesitas beresiko mengakibatkan kematian, penyakit kronis seperti diabetes melitus, hipertensi, gangguan pernafasan dan gangguan gastrointestinal (pencernaan).

1) Kata Kunci Lainnya:

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.