Dampak Stress

Dampak stress merupakan akibat yang ditimbulkan dari munculnya atau terserangnya penyakit stress. Pada awalnya stress tidak terlalu berdampak signifikan pada tubuh tapi jika stress berlarut-larut terjadi pada seseorang maka hal inilah yang bisa menyebabkan seseorang terjangkiti penyakit fisik bahkan menyebabkan kematian.

Stress adalah suatu keadaan yang menekan kondisi psikis seseorang sehingga kesempatan beraktifitas terhalang atau terbatasi. Stress pada umumnya sangat mempengaruhi produktifitas dan motivasi kerja, bukan cuma itu saja stress juga dapat berakibat pada penyakit cacat fisik.

Syaraf merupakan sistem tubuh yang paling utama diserang oleh penyakit stress ini. karena tempat menerima dan menyalurkan sinyal utama dari respon anggota tubuh baik dari luar maupun dalam itu distimulasi oleh sistem syaraf ini. Olehnya itu, jika terjadi beberapa penyakit fisik yang awalnya karena stress maka besar kemungkinan sistem syaraf tak mampu membloking stressor tersebut.

Salah Satu Dampak stress adalah serangan jantung

Salah Satu Dampak stress adalah serangan jantung

Chapter 1. Dampak Stress

Sebagai akibat dari ketidakmampuan tersebut, ada beberapa penyakit fisik yang ditimbulkan dari stress itu sendiri yang mana penyakit ini dibilang cukup berefek terhadap kelangsungan kehidupan manusia. dan dampak tersebut ternyata sistemik karena hampir seluruh sistem tubuh dapat terganggau akibat dari stress ini. Berikut ini, beberapa penyakit yang ditimbulkan dari dampak stress terhadap sistem organ tubuh:

  1. Sistem Pencernaan (Gastrointestinal)
    Penyakit yang ditimbulkan dari stress adalah konstipasi, diare, ulkus duodenum, anoreksi nervosa, obesitas dan kolitis ulseratif
  2. Sistem Pernafasan (respirasi)
    Penyakit yang ditimbulkan dari stress adalah Asma, hay fever, tuberkulosis
  3. Sistem Integument (kulit)
    Penyakit yang ditimbulkan dari stress adalah Eksim, pruritus, urtikaria, Psoriasis
  4. Sistem Muskuloskeletal (pergerakan)
    Penyakit yang ditimbulkan dari stress adalah artrithis reumatoid, Nyeri punggung bagian bawah, sakit kepala migrain, ketegangan otot
  5. Sistem Metabolik
    Penyakit yang ditimbulkan dari stress adalah Hipertiroidisme, hipotiroidisme, diabetes, berat badan berlebih, sindrom metabolik
  6. Sistem kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah)
    Penyakit yang ditimbulkan dari stress adalahHipertensi esensial, gagal jantung kongestif, Menstruasi tidak teratur, kanker, Kemungkinan serangan jantung.
Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.