Contoh Surat Undangan | Undangan Rapat, Pernikahan, dan Ulang Tahun

Contoh surat undangan seperti undangan rapat, pernikahan dan ulang tahun merupakan bahagian kecil dari berbagai macam surat undangan yang biasanya dibuat. Pada umumnya, referensi tentang macam surat undangan sangat banyak rujukannya. Hal ini terkait dengan banyaknya ilmuwan sastra yang berbeda prinsip dalam memunculkan macam surat undangan tersebut. Sebagai contoh, surat pribadi beberapa ahli memasukkan surat tersebut kedalam golongan surat yang berdasarkan sifatnya dan adapula ahli yang mengatakan surat pribadi dimasukkan kedalam golongan surat yang berdasarkan atas bentuk, isi,dan bahasanya. Secara pasti para ahli tersebut membuat pernyataan teoritis sesuai dengan kapasitasnya dan memiliki dasar yang kuat dalam mempertanggung jawabkan teorinya. Sehingga, sebagai amatiran atau penuntut ilmu seyogyanya mencamtumkan nama ahlinya jika mengerjakan pekerjaan sekolah atau pekerjaan kampus demi menunjukkan sikap ilmiah dari pelajar tersebut.

Kotak Pos Tempat Penitipan Surat

Kotak Pos Tempat Penitipan Surat

Jika kita membahas macam-macam surat namun belum memaparkan arti surat itu sendiri terasa sangat hambar. olehnya itu, supaya macam-macam surat dapat dipahami secara jelas barangkali pemahaman tentang pengertian surat undangan perlu diketahui sebelumnya. Menurut penulis sendiri, Surat adalah selembaran dokumen yang bertuliskan berita atau informasi, sedangakan undangan adalah bagian dari surat yang bertuliskan sebuah pernyataan, permintaan ataupun ajakan. Jadi surat undangan adalah selembaran dokumen yang berisikan tentang berita dan informasi yang mengandung sebuah pernyataan, permintaan ataupun ajakan untuk dilaksanakan ataupun diikuti.

Pengertian surat undangan diatas dapat memberikan gambaran bahwa surat tidak hanya sebatas selembaran kertas namun juga berisikan dokumen dan berita baik itu datangnya dari pemberi surat undangan maupun penerima undangan. Supaya surat undangan lebih familiar ditelinga dan dimata seseorang, tanpa mengesampingkan pemahaman dari pengertian surat itu sendiri sebaiknya bagian-bagian dari surat undangan tersebut harus diketahui.

Seseorang yang berniat membuat surat undangan harus mencamtumkan kop surat (kepala surat). Kop surat ini ditempatkan paling atas sesuai dengan penamaannya, namun untuk surat semi formal atapun informal penulisan kop surat tidak mesti dimasukkan. Setelah itu tanggal surat pembuatan dituliskan dibawah kop surat, beberapa institusi dan organisasi mencamtumkan tanggal surat pembuatan tersebut berada disebelah kanan bawah dari kop surat. Secara umum tidak ada prosedur yang baku apakah kanan, kiri atau tengah tapi secara resmi harus berada dibawah kop surat. Namun, untuk surat semi-formal dan informal tidak harus dicantumkan tanggal pembuatannya. Kemudian yang dicantumkan adalah nomor surat. Dalam pemberian nomor surat, masing-masing perusahaan ataupun instansi bervariasi dalam memberikan penomoran suratnya. Namun secara pasti tujuan nomor tersebut untuk mengetahui berapa surat yang dibuat dan mengetahui bulan dan tahun berapa surat tersebut dibuat. Selain itu, nomor surat juga berfungsi untuk mendeteksi organisasi atau instansi mana yang memberikan surat tersebut. Karena dalam nomor surat tersebut terdapat kode dan kependekan nama dari instansi tersebut.

Contoh Surat Undangan | Undangan Rapat, Pernikahan, dan Ulang Tahun

Contoh Surat Undangan | Undangan Rapat, Pernikahan, dan Ulang Tahun

Selain nomor surat, juga ada lampiran dan perihal dalam bagian surat. Lampiran untuk mengetahui kelengkapan dari isi surat tersebut sedangkan perihal untuk mengetahui pembahasan pokok dari isi suratnya, dengan membaca perihal surat seseorang sudah menerka apa maksud dari surat tersebut. Setelah itu alamat yang dituju surat tersebut, yang diikuti dengan nama penerima surat tersebut. Kemudian salam pembuka dan selanjutnya diikuti dengan isi suratnya. Dalam menuliskan isi surat, harus memperhatikan bahagian yang terpenting yaitu hari,tanggal, waktu,tempat dan agenda dalam surat tersebut. Setelah menuliskan isi surat harus dilengkapi dengan penutup surat sebagai bentuk bahwa surat tersebut telah berakhir pembahasannya. Kemudian yang terakhir adalah tanda tangan yang diikuti dengan nama pengirim dan nama jabatan dituliskan diatas pengirim.

Agar lebih pahamnya secara berurutan sebagai berikut:

  1. Kepala surat
  2. Tanggal surat
  3. Nomor surat
  4. Perihal surat
  5. Lampiran surat
  6. Nama penerima dan alamat yang dituju
  7. Salam pembuka
  8. Isi
  9. Salam penutup
  10. Tanda tangan yang diikuti dengan nama dan jabatan

Dibawah ini beberapa Contoh surat undangan| surat undangan rapat, pernikahan dan ulang tahun :

Chapter 1. Contoh surat undangan rapat

IKATAN REMAJA MASJID HIJRATUL UMMAH
(IRMA-HIRA)
BTN PACINONGANG HARAPAN

Paccinongan, 20 Mei 2013 M

Rapat yang diikuti oleh beberapa peserta undangan

Rapat yang diikuti oleh beberapa peserta undangan

No       :  037/MUBES/IRMA-HIRA/BTN-PH/V/2013
Lamp   :  –
Hal       :  Undangan Sebagai Peserta MUBES

    Yth.
    Saudara(i) Remaja Masjid Hijratul Ummah
    Di ,-
    Tempat
Dengan memohon rahmat dan petunjuk Allah Rabbul Alamin, kami mengundang dengan hormat rekan-rekan Remaja Masjid Hijratul Ummah untuk menghadiri rapat Musyawarah Besar IRMA-HIRA  yang Insya Allah akan dilaksanakan  pada :
Hari/Tanggal                  : Jum’at, 24 Mei 2013
Pukul                                  : 18.00 wita (Ba’da shalat magrib) sampai selesai|
Tempat                              : Masjid Hijratul Ummah BTN Pacinongang Harapan Kel. Pacinongang Kec. Somba Opu Kab. Gowa
Agenda                               : LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban)  dan pemilihan    Ketua Umum Baru Periode 2013-2015

Demikian undangan kami dan atas kehadirannya diucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu Alaikum Wr.Wb.

                Mengetahui,

                       Pengurus Harian Ikatan Remaja Masjid Hijratul Ummah

                         Periode 2011 s/d 2013,

             

              Abd. Rahman Rara
                 Ketua Umum

Chapter 2. Contoh Surat Undangan Pernikahan

Photo Pra Wedding

Photo Pra Wedding

Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

Dengan memohon Rahmat & Ridho Allah SWT, kami bermaksud menyelenggarakan walimatul ursy anak/kemenakan/ kami yang bernama:

Abd. Rahman Rara

&

…………………………..

 Insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : ……………………

Jam                 : ……………………

Tempat          : ……………………

Merupakan suatu kehormatan bagi kami sekeluarga apabila bapak/ibu/sdr(i) berkenaan hadir untuk memberikan do’a restunya. Atas kehadiran dan do’a restu bapak/ibu/sdr(i), kami sampaikan banyak terima kasih.

Wassalamu ‘Alaikum Wr.Wb.

Hormat kami yang mengundang:

Kedua Mempelai

Chapter 3. Contoh Surat Ulang Tahun

 Undangan Ulang Tahun

Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

Bismillahirrahmanirrahim

Mengharapkan kehadiran teman-teman semua:

Ilustrasi waktu dilaksanakannya pesta ulang tahun

Ilustrasi waktu dilaksanakannya pesta ulang tahun

Hari/tanggal   :

Waktu               :

Alamat              :

Dalam pesta kelahiran saya yang ke-X

Suatu kebahagian dan kehormatan bagi saya jika teman-teman bisa hadir dalam hari ulang tahun saya, dan jangan lupa doa restunya yah teman-teman.

Wassalamu alaikum wr.wb.

Hormatku,

Abd. Rahman Rara

Demikianlah contoh surat undangan| undangan rapat, pernikahan dan ulang tahun yang bisa dijadikan contoh dalam pembuatan tugas sekolah ataupun tugas kuliah. Jika merasa kesulitan dalam modifikasi surat undangan sebaiknya harus lebih banyak berlatih dan banyak membaca. Karena pada dasarnya penulisan isi surat undangan adalah berada pada penamaan kata-kata dan kalimat agar seseorang dapat memahami maksud dari surat tersebut, sehingga jika seseorang mampu mencamtumkan kata-kata indah yang tertata rapi maka secara otomatis pula surat udangan tersebut  dapat dipahami oleh sipenerima undangan. Dan tujuan dari undangan tersebut dapat terlaksana dan ditindaklanjuti.

1) Kata Kunci Lainnya:

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.