Cara Menghilangkan Stres

Cara menghilangkan stres adalah suatu niat dan usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk meniadakan atau memutihkan perilaku kejiwaan seseorang agar anggota tubuhnya terjaga dari hal-hal yang berbaur mal adaptif (negatif). Seseorang yang mudah terkena stress akibat dari pekerjaannya itu sangat riskan dengan munculnya penyakit fisik. Seringkali seseorang meyakini bahwa stress itu hanya berasal dari kejiwaan sehingga yang sakit hanya jiwa, tapi secara medis seseorang yang mengalami stress baik itu ringan maupun berat akan berdampak pada fisik terlebih lagi pada jiwanya.

Dalam mengarungi hidup ini tidak menutup kemungkinan semua keadaan yang dihadapi akan menjadikan seseorang terkena stress. Hal ini tentunya terkait dengan sikap dan respon seseorang menanggapi stressor tersebut. Tidak hanya dari pengalaman, bimbingan serta kecerdasan seseorang dapat terhalang dari stress akan tetatapi faktor genetik juga cukup berpengaruh terhadap mudahnya seseorang mengidap penyakit stress.

Stres adalah gangguan pada tubuh dan pikiran yang disebabkan oleh perubahan perilaku dan tuntutan kehidupan. Dari defenisi ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa semua orang beresiko mengalami yang namanya stress. Namun, bukan berarti stress itu dengan mudah terjangkit dalam diri setiap orang. Karena masing-masing individu tentunya memiliki proses adaptasi yang berbeda dalam menangani stress.

Beberapa orang atau bahkan diri kita sendiri tidak mampu berbuat apa-apa ketika kita mengalami penyakit ini. Dan beberapa penelitian menyebutkan orang yang ketika mengalami stress berujung pada bunuh diri. Padahal, ada banyak cara yang  dilakukan agar stress itu dapat terhindar dari hidup kita.

Dalam buku edukasi pasien yang ditulis oleh Marlyin Jackson memberikan kabar gembira kepada kita semua agar penyakit pembunuh tersebut dapat kita hilangkan. Berikut ini cara menghilangkan stres yang perlu diterapkan untuk penanganan stress terkait pekerjaan:

Chapter 1. Cara Menghilangkan Stres

  1. Mengubah atau mengeliminasi stressor
    stressor adalah suatu respon dan tekanan dari luar tubuh yang menjadikan seseorang mengalami stress. stressor pada dasarnya sangat berhubungan langsung oleh setiap orang karena semua yang ada dalam kehidupan kita adalah stressor. Namun, semua stressor itu juga ada yang sifatnya adaptif dan mal adaptif. Agar stressor ini tidak berdampak mal adaptif terhadap efek kejiwaan serta fisik seseorang maka sebaiknya sedini meungkin mengenali stressor tersebut. sehingga ketika muncul disetiap keadaan bisa ditolerir dan dikuasai. Tantangannnya adalah bagaimana cara mengenali jenis-jenis stressor tersebut. Beberapa referensi mengatakan bahwa stressor dapa dikenali dengan cara banyak membaca buku motivasi, banyak bergaul dengan orang-orang soleh atau pemuka agama, banyak bertukar pikiran dengan orang-orang yang berpengalaman dan banyak melihat menganalisa kejadian-kejadian yang muncul dipermukaan kehidupan kita. Dengan metode ini diharapkan mampu menepis dan menghalangi lagi stressora dapat muncul dan bermetastase kembali.
  2. Mengubah jam kerja untuk perpekstif baru
    Stress biasanya muncul ketika seseorang berada dalam tekanan yang tinggi. misalnya dalam situasi pekerjaan dihadapkan dengan disiplin yang tinggi namun budaya yang tertanam dalam kehidupan sebelumnya itu hanya bersantai-santai saja. dan ketika berada dalam pergesearan statusa dari pengangguran berubah menjadi pekerja, inilah yang membuat anda frustasi dan akhirnya stress. Tapi, satu hal yang perlu diketahui bahwa jika terjadi seperti ini hal itu wajar sebagai respon normal dari tubuh tapi jika berlanjut secara terus menerus itu yang abnormal. Dengan mencoba  berdapatasi menerapkan seluruh aturan kedisiplinan yang berada dalam lingkup tempat kerja maka frustasi dapat bisa dikendalikan dan akhirnya pekerjaan dapat dilakukan dengan enjoy. Selain itu pula cobalah mencari kawan dan sahabat ataupun parner kerja hal ini penting untuk menemukan rasa kecocokan dan kenyamanan anda dalam berkerja.
  3. Memotong dan/atau mengeliminasi kerja lembur
    Kerja yang terlalu banyak merupakan pondasi awal munculnya suatu stress. Hal ini merupakan kondisi stressor yang perlu dikenali sedini mungkin. karena akan berdampak sistemik pada anggota tubuh anda bukan hanya kejiawaan anda tapi anggota fisik tubuh anda akan tergangguu. olehnya itu, setiap kegiatan dan program yang anda ingin jalankan sebaiknya direncanakan sebaik-baiknya. jangan coba tinggalkan suatu pekerjaan untuk menumpuk karena akan dilanjutkan dihari esok. cobalah berfikir sejenak dan rubah mindset kerja anda bahwa besok dan hari ini situasinya berbeda. jika pekerjaan hari ini diselesaikan berarti rencana pekerjaan yang lainnya dapat dikerjakan besok hari. Gunakan semua media yang ada untuk menuliskan rencana kerja anda hari ini, kalau perlu gunakan alarm jika tidak diselesaikan akan berdampak pada anda. Hal ini berguna sebagai alat pengontrol dalam pekerjaan anda. Dengan menerapkan cara ini bukan tidak mustahil anda akan terjauhi oleh stress.

    Kurangi Kerja lembur adalah salah satu cara menghilangkan stress

    Kurangi Kerja lembur adalah salah satu cara menghilangkan stres

  4. Mengubah sikap terhadap stressor
    Sikap yang perlu dimunculkan ketika anda sudah bekerja adalah sikap positif thinking. karena dengan berfikir positif maka seluruh tubuh serta aura tubuh akan menanggapi semua problem dengan dingin dan tenang. Sehingga rasa stress dapat terhindarkan dari anda.
  5. Memperluas hubungan sosial lebih dari teman-teman sekerja
    Teman dan rekan kerja juga merupakan stressor bagi anda. Karena bisa saja dari teman kerja anda masalah akan muncul. olehnya itu anda perlu selektif dalam menentukan rekan kerja yang bisa temani bekerja secara optimal. Mengenai teman kerja ideal yang cocok untuk anda yang mudah frustasi dengan perkejaan yaitu teman yang senang bekerja sosial. membantu antara sesama manusia dengan suka rela dan tanpa pamrih sangat linear dengan karakter anda. Karena dengan orang tersebut anda akan selalu tercerahkan dengan sikap humoris dan  riangnya. tak pernah menunjukkan keluhan pada anda sehingga masalah anda dapat diungkapkan pada teman anda itu. tidak hanya humoris namun rasa kepedulian yang nantinya ditunjukkan pada anda juga akan terobati dengan sikap perlahan lahan hingga akhirnya lenyap.
  6. Berteman dan melakukan hobi diluar pekerjaan
    Selain pekerjaan sosial yang ditularkan pada anda ternyata teman anda itu akan menularkan aktivitas lain diluar jam kerja. dia akan berusaha mencari tahu jenis hobi yang anda gemari dan akhirnya mengundang dan mengajak anda untuk mengeluarkan hobi tersebut. Dengan aktivitas yang tidak menoton seperti ini makan rasa frustasi dan stress anda akan terobati.
  7. Meminimalkan respon fisik terhadap stress dengan menggunakan berbagai teknik, diantaranya:
    • tarik napas dalam untuk meredakan respon amarah
    • peregangan secara periodik
    • pernapasan dalam dan perlahan
    • olahraga fisik secara teratur
    • relaksasi otot secara progresif
    • pola makan yang seimbang dan teratur
    • hidrasi yang baik- minum setidaknya 2 liter air setiap hari

Demikianlah beberapa cara menghilangkan stres yang anda bisa petik dari artikel ini. Semoga anda mampu menerapkannya dan bisa terhindar  serta menghilangkan stres dari hidup  anda.

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.