Cara Mengatasi Sulit Tidur

Cara Mengatasi Sulit Tidur – Sulit tidur merupakan kondisi medis yang menjelaskan bagaimana kurang tidur akan mengganggu kemampuan seseorang untuk bekerja secara produktif. walaupun banyak orang yang merasa sulit tidur, tidak menjadi kendala dalam melakukan aktifitasnya disiang hari. Bahkan, beberapa orang menjadikan perkerjaannya lebih nyaman jika dia tidak tidur. namun, apakah dengan perilaku sulit tidur secara terus-menerus menjamin orang tersebut akan selamanya bekerja secara optimal. Tentunya hal itu akan menjadi keprihatinan tersendiri bagi orang yang mengalami susah tidur.

Cara Mengatasi Tidur yaitu Pusatkan pikiran secara pasif sambil menarik dan menghembuskan nafas

Cara Mengatasi Tidur yaitu Pusatkan pikiran secara pasif sambil menarik dan menghembuskan nafas

Pada dasarnya sulit tidur yang dialami hampir sebagian orang itu dialami pada malam hari. entah itu disebabkan oleh tekanan kehidupan, pekerjaan, usia, jabatan, stress ataupun kepemilikan tahta. Namun, jangan khawatir dibawah ini akan diberikan beberapa saran agar sulit tidur pada malam hari tidak terganggu lagi. yaitu dengan cara melakukan tekhnik relaksasi. Menurut sadhana (1987) ada beberapa metode tekhnik reksasi yang perlu diterapka yaitu:

Chapter 1. Cara Mengatasi Sulit Tidur

  1. Berdoa sebelum tidur.
  2. Pusatkan pikiran secara pasif sambil menarik dan menghembuskan nafas
  3. Tarik nafas melalui hidung secara perlahan dan hembuskan melalui mulut secara perlahan pula
  4. Pastikan bahwa sulit tidur bukanlah masalah besar, dan alihkan pikiran bahwa istirahat tenang adalah hal sangat penting dalam kehidupan keseharian kita.
  5. Hindari suara berisik
  6. Jaga agar suhu ruangan tetap nyaman
  7. Jika masih sulit tidur, buatlah kegiatan ringan seperti mencatat dan membuat ide-ide tentang kegiatan besok hingga akhirnya ngantuk tiba.
Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.