Askep Gastritis

Askep Gastritis adalah asuhan keperawatan yang diberikan pada pasien yang mengalami gangguan pada gaster atau lambung. Askep gastritis sengat direkomendasikan oleh profesi keperawatan untuk diberikan pada pasien yang menagalami infeksi pada pada lambung. Askep gastritis adalah bukti konkrit pelayanan kesehatan yaitu keperawatan dalam rangka membangun kualitas hidup di fasilitas kesehatan.

Askep gastritis terdiri dari konsep dasar medis dan asuhan keperawatan. Konsep medis terdiri dari pengertian gastritis, etiologi gastritis, manifestasi klinis, patofisiologi gastritis, pemeriksaan labratorium gastritis, penatalaksanaan medis. Dan pada asuhan keperawatannya terdiri dari pengkajian, klasifikasi data, analisa data penyimpangan kdm, diagnose keperawatan dan rencana keperawatan.

Chapter 1. Askep gastritis

Pengertian askep gastritis

Gastritis adalah proses inflamasi yang terjadi pada daerah organ pencernaan utama yaitu lambung dimana adanya pengerutan/iritasi pada lapisan mukosa lambung. Penyakit gastritis ini diidentikkan dengan sakit maag. Yang hampir sebagian orang menderita karena penyakitnya. Penyakit gastritis ini pula menjadi momok untuk semua orang karena terkait dengan gaya hidup yaitu pola makan yang tidak seimbang dan teratur.

Etilogi atau penyebab askep gastritis

Gastritis disebabkan oleh beberapa factor dan sangat dihubungkan dengan adanya peningkatan alkali atau asam kuat dari lambung. Tingginya peningkatan asam lambung ini diakibatkan karena penyakit autoimun misalnya anemia pernisiosa. Selain itu juga di hubungkan oleh bakteri helobakter pylori, minum panas, pedas, obat, alcohol, atau refluks isi lambung.

Klasifikasi Askep gastritis

Pembagian penyakit gastritis diambil bedasarkan lama rejanan yang dialami oleh beberapa orang yang mengalami nyeri lambung. Jika kurang dari 3 bulan maka disebut dengan gastritis akut dan lebih dari 3 bulan maka disebut dengan gastritis kronik. Gastritis akut memiliki tanda khas yaitu munculnya tiba-tiba nyeri yang menyerang pada bahagian lambung atas. Adanya penemuan sel inflamasi akut dan neutrofil atau bahagian dari sel darah putih. Kemudian gastritis kronik ini disebutkan penyebabnya tidak diketahui dan sering bersifat multifactor. Dengan perjalanan medis yang sangat bervariasi. Namun, gastritis ini juga disebabkan oleh H.pylori.

Manifestasi Klinis atau Tanda dan Gejala Klinis askep gastritis

Gejala dan tanda klinis digambarkan berdasarkan atas dasar pembagian derajat gastritis yaitu gastritis akut gejala dan tandanya yaitu sakit kepala, mual dan muntah, kurang nafsu makan, cekukan,. Gejala ini akan sembuh dalam sehari tapi nafsu makan barangkali akan kembali pulih 2-3 hari. Kemudian gastritis kronik yaitu hampir sama dengan tipe yag pertama cumin jangkitannya yang sduah lama sehingga gejala khasnya lebih lama dirasakan. Adapun gejala khasnya yaitu kurang nafsu makan, sakit ulu hati, bersendawa, adanya rasa pahit pada lidah, mual dan muntah.

Patofisiologi Askep Gastritis

Berawal dari gaya hidup yang tidak seimbang dan kurang teratur konsumsi makanan yang mengandung asam tinggi maka menyebabkan asam lambung mengalami peningkatan yang tidak stabil. Kejadian membuat membrane mukosa  menjadi edema dan hipermik (Iritasi). Bila berlarut-larut maka menyebabkan erosi superficial. Adanya erosi superficial inilah yang memunculkan segala keluhan dimana stimulasi dari erosi superfisal membawa pesan ke otak dan diterjemahkan atau dipersepsikan menjadi ketidak nyamanan, sakit kepala, mual, muntah dan anoreksia.

Anatomi lambung yang mengalami gastritis

Anatomi lambung yang mengalami gastritis

Kekhwatiran terbesar jika terjadi erosi pada lambung tepatnya pada bagian mukosa yaitu daerah superficial adalah intervensi pembedahan. Karena adanya hemoragic atau pendarahan yang mana jika tidak dilakukan penanganan khusus berpotensi kematian. Adapun terjadi diare atau kolik disebabkan oleh makanan atau zat yang megiritasi tidak dimuntahkan.  Zat ini mencapai usus dan dianggap benda asing dalam usus dan untuk dikeluarkan dari dalam tubuh maka proses peningkatan peristaltic dijalankan dan keluarlah benda asing tersebut menjadi diare.

Diagnosis Askep Gastritis

Untuk menegakkan diagnosis pada pasien gastritis yaitu dilakukan pemeriksaan fisik yang diambil dari gejala khas yang dirasakan pasien. Kemudian gambaran mukosa lambung pasien yang diambil melalui endoskopi dan radilogi.

Pengobatan Askep Gastritis

Penatalaksanaan untuk menyembuhan penyakit gastritis dilakukan dengan diet makanan dengan porsi sedkit tapi sering. Prinsip ini untuk meminimalisr renjatan mukosa lambung dan mempertahankan kestabilan isi dalam mukosa lambung. Adapun obat-obatan yang diberikan yaitu bertujuan untuk mengatur sekresi asam lambung berupa antagonis resptor H2, inhibitor, pompa proton, antikolnergik, dan antacid. Selain itu juga digunakan sebagai proteksi terhadap mukosa lambung maka digunakan sukralfat dan prostaglandin.

Diagnosa Keperawatan Askep Gastritis

Pemberian rencana keperawatan berdasarkan pengkajian, analisa data dan diagnosanya. Maka diagnosa yang sering muncul ketika terjadi gastritis adalah perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan, resiko Kekurangan volume cairan, perubahan proses piker, harga diri rendah, resiko tinggi integritas kulit, kurang pengetahuan.

Silahkan Download Lengkap Askep Gastritis secara GRATIS  — Askep Gastritis —

Berikut Screenshoot Askep Gastritis

Askep gastritis cupture 1

Askep gastritis cupture 1

Askep gastritis cupture 2

Askep gastritis cupture 2

Askep gastritis cupture 3

Askep gastritis cupture 3

Askep gastritis cupture 4

Askep gastritis cupture 4

Askep gastritis cupture 5

Askep gastritis cupture 5

Askep gastritis cupture 6

Askep gastritis cupture 6

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

I'm a Nurse Professional.