Arti Stress

Arti stress menurut paham realistis adalah suatu fenomena tubuh yang dipisahkan dengan kejiwaan. Tapi secara umum arti stress yaitu orang yang sedang cemas. sedangkan menurut paham idealis menganggap arti stress adalah murni berasal dari fenomena jiwa yang berdampak pada jasmani. kedua paham ini, secara subtansi sangat berbeda akan tetapi jika dilihat secara struktural maka arti stress ini memiliki kesamaan yang mencolok, yakni suatu fenomena anggota tubuh yang berdampak pada jiwa dan jasmani/fisik. artinya apapun pemahaman seseorang terkait dengan arti stress maka perubahan yang ditimbulkan dapat berakibat pada cacat fisik maupun cacat psikologis.

Pembahasan mengenai arti stress sejatinya berawal dari konsep cemas karena awal dari timbulnya stress adalah kecemasan. Membahas tentang Kecemasan maka tidak bisa terlepas dari tingkatan cemas itu sendiri. menurut beberapa ahli tingkatan cemas terbagi menjadi 3 tipe yaitu kecemasan rasional, irrasional dan fundamental.

Arti stress yang nampak dimunculkan ahmad fathonah

Arti stress yang nampak dimunculkan ahmad fathonah

Chapter 1. Tipe-tipe Arti Stress

Kecemasan rasioanal adalah kecemasan yang timbul karena adanya objek yang mengancam jiwa dan jasmani, misalnya terbongkarnya kasus korupsi yang ditalangi oleh ahmad fathonah membuat para partisipan pks merasa khawatir akan efek pembuktiannya yang bisa saja seluruh jajaran petinggi pks berbuah petaka yakni terseret dalam jeruji besi.

Kecemasan irrasional adalah kecemasan yang spesifik mempengaruhi emosi namun tidak terlalu berdampak pada jasmani, misalnya kehadiran ahmad fathonah dikubu pks pada awalnya merupakan kabar gembira, namun seiring dengan waktu ahmad fathonah diciduk oleh kpk sebagai pelaku tindak korupsi pencucian uang. dengan munculnya berita tersebut ahmad fahonah tidak dianggap sebagai kader pks. dan sejak kejadian ini petinggi pks mulai bersih-bersih dalam lingkup partainya dan protektif akan hadirnya ahmad fathonah baru. jadi, kecemasan tipe ini objek awalnya berpihak pada kondisi tubuh namun karena objek ini berulah maka kehadiran objek yang sama dianggap sebagai makhluk asing.

Kecemasan fundamental adalah kecemasan akan ketidaktahuan jati diri yang dimiliki individu tersebut. kecemasan yang ditunjukkan berupa pertanyaan akan kekhawatirannya hidup didunia ini. pertanyaannya yang sering muncul adalah siapa dirinya, untuk apa dirinya hidup didunia dan akan kemana lagi setelah ia meninggal.

Ketiga kecemasan diatas sengat berpengaruh terhadap munculnya stress. sehingga jika seseorang menyadari pemahaman tentang konsep kecemasan diatas maka dampak dari stress yang berupa kecacatan fisik dan berujung pada kematian dapat dicegah. atau paling tidak meminimalisir kejadian peningktan tingkat stress dalam kehidupan.

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.