Agar Mahasiswa Tingkat Akhir Tidak Stress Sebaiknya Nonton Film 3idiot

Bercerita tentang film bolywood maka yang terpampang dalam pemikiran kita adalah kisah romantis, perkelahian dengan kemenangan super hero diakhir cerita, nyanyian yang diiiringi dengan menari serta kisah sedih. Tapi dari berbagai adegan khas film india tersebut ada satu film yang sangat menarik untuk ditonton untuk seluruh kalangan terlebih lagi buat para pelajar. Judul filmnya adalah 3idiot. film ini berhasil ditayangkan dibeberapa studio belahan dunia hingga akhirnya amir khan yang sebagai bintang utama dalam film tersebut beranjak populer dikalangan artis dunia.

Film yang menceritakan kisah perjalanan mahasiswa yang menuntut ilmu di sebuah perguruan tinggi terbaik India, membuat para kalangan mahasiswa dan pengajar terinspirasi. karena dalam sesi-sesi yang ditampilkan dalam drama film tersebut termaktub beberapa hikmah yang patut dicontoh oleh kalangan pelajar. Salah satunya adalah dalam menuntut ilmu kita tidak boleh hanya terhalangi dengan satu sistem saja karena jika ini dibiarkan maka ilmu yang akan diterima akan dangkal. Bukan cuma itu, seorang pelajar dimana dan sampai kapanpun itu adalah harus balajar. tidak hanya dikelas, diluar kelas atau tempat yang tidak layak untuk belajar pun dapat dijadikan belajar. dan belajar buka hanya identik dengan IPTEK akan tetapi seluruh keragaman kehidupan yang dihadapi perlu dipelajari.

Virus adalah julukan yang diberikan kepada rektor dalam film tersebut. karakter yang ditampilkan dr. Viru Shastrabhuddi pad film ini yaitu otoriter dan disiplin. watak yang yang ditayangkan sangat berkesan karena selain kemampuan kedua tangannya menulis berbagai rumus-rumus matematika juga ketekunan meluangkan waktunya untuk tidur selama 7,5 menit setiap 2 jam menjadi kelebihan tersendiri buat rektor ICE ini. namun, dibalik itu semua ternyata julukan virus ini membuat beberapa peristiwa menghebohkan dilingkungan kampus tersebut.

Seorang mahasiswa tingkat akhir yang beranama Joy Lobo tiba-tiba saja terdengar kematiannya. penyebab kematiannya adalah bunuh diri. Junior dari joy lobo itu menduga bahwa kematian yang tragis itu disebabkan karena depresi. kesimpulan dari penulusuran rancho dkk. ditemukan bahwa akhir dari hidup joy lobo karena kekecawaan dengan tugas akhirnya yang tidak diterima oleh rektor ICE tersebut. selain itu, sikap virus itu yang tidak dapat ditiru dengan menelpon orang tua joy lobo tentang keterlambatan studi selesai yang kemudian membuat serangan strok terjadi pada ayahnya, sehingga menambah daftar panjang dari kekecawaan dan ketidakterimaan keputusan dari rektornya yang berujung pada kematiannya.

Joy lobo salah satu pemain 3idiot yang bunuh diri akibat stress

Joy lobo salah satu pemain 3idiot yang bunuh diri akibat stress

Kisah mahasiswa diatas memberikan sumbangsi keteladanan kepada orang-orang yang kesehariannya dihinggapi dengan rasa cemas dan kecewa. Sesuai dengan tulisan sebelumnya bahwa awal dari timbulnya penyakit stress adalah kecemasan dan kekecawaan. dengan berarti kemunculan film 3idiot memberikan arti tersendiri bagi orang-orang yang mudah terkena penyakit stress.

Dari runtutan paragraf awal hingga paragraf ketiga, pembaca seakan-akan diajak mengenal dan menganalisa munculnya bibit stress pada diri setiap orang, terutama untuk kalangan mahasiswa tingkat akhir. Hal ini perlu diketahui oleh semua mahasiswa bukan saja mahasiswa akhir tapi mahasiswa baru pun perlu mengetahuinya. Kisah diatas ini menggambarkan bahwa akhir ketragisan dari sebuah tekanan batin/mental adalah kematian. Namun, sebenarnya bukan hanya itu saja tapi sikap penyimpangan seperti harga diri rendah, Isolasi sosial, Halusinasi (mempersepsikan melalui indera tanpa ada objek yang nyata), Waham (hiperbola), dan gangguan personal higyene akan menjadi masalah ketika seorang mahasiswa tidak mampu mengimbangi tekanan yang muncul.

Penulis mempertegas bahwa dibalik kisah ini semua menancapkan satu contoh artikel stress yang dapat dijadikan pedoman untuk pencegahan dini terhadap penyakit stress. barangkali ini hanyalah sebuah film fiktif tapi tidak menutup kemungkinan hal ini bisa saja akan terjadi pada diri kita dan sekitar lingkungan kita. karena pada prinsipnya semua orang beresiko besar terhadap penyakit stress, dan tentunya menjadi musuh bersama akan kehadiran penyebab stress itu sendiri. Olehnya itu, sedini mungkin semua orang harus mengenali tanda-tanda stress yang terjadi pada diri masing-masing. dan jika muncul segeralah bertindak atau mengatasi stress tersebut.

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara

Abd. Rahman Rara.